Tips Dasar SEO untuk WordPress

Telah dijelaskan bahwa pengertian SEO adalah segala usaha webmaster untuk membuat website/blog menjadi nomor 1 pada mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll), untuk kata kunci tertentu. Menjadi nomor satu di Google? Apa untungnya sih? Doooh, jangan bertanya yang aneh begitu lah, banyak sekali keuntungan yang di dapatkan apabila website milikmu bisa nomor satu di Google, apalagi dengan kata kunci yang “mahal”, alias tentang hal yang berkaitan dengan produk/servis tertentu yang harganya juga mahal. Coba bayangkan kalau kamu ingin membuka usaha toko online penjualan jaket murah tapi berkualitas, atau jasa pembuatan website. Saat orang lain mengetikkan keyword “jaket murah dan bagus” atau “jasa pembuatan website murah” dan ternyata website kamu yang nomor satu di Google, pasti toko online kamu bakalan dapat banyak pengunjung kan? Banyak pengunjung=banyak pembeli=profit besar. Betul?

Oke langsung saja, sekarang saatnya membahas tentang dasar-dasar SEO itu sendiri. Jadi disini akan aku jelaskan bagaimana agar blog/website menjadi nomor satu di Google untuk kata kunci tertentu. Kenapa kata kunci tertentu? Ya, karena banyak faktor yang mempengaruhi blog kita bisa menjadi nomor satu di Google. Perumpamaannya saat kita sekolah dulu, kita ingin ranking satu, namun apa tidak memerlukan usaha lebih agar bisa menjadi ranking 1? Sama seperti halnya optimasi SEO di WordPress ini. Kita juga butuh usaha, yang mungkin butuh ekstra keras apabila kompetisi dalam kata kunci (keyword) yang dibidik ternyata sudah banyak sekali.

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya kenal dulu dua cara optimasi SEO. Pertama adalah SEO on page dan kedua adalah SEO off page.

Optimasi SEO On Page

Optimasi yang dilakukan di dalam website/blog kita. Misalnya dengan teknik menulis SEO friendly (cetak tebal/miring untuk keyword terpilih), menambahkan alt tag pada gambar, mengganti title tag, description, meta keyword, nama domain, dll. Intinya adalah melakukan optimasi SEO dengan cara mengedit website itu sendiri sehingga robotnya Google mudah mengindeks halaman blog/website kita.

Optimasi SEO Off Page

Cara optimasi SEO off page ini dilakukan dengan pengoptimalan diluar website kita, kasarnya adalah mendapat backlink yang banyak. Apa itu backlink? Backlink adalah link di website lain yang mengarah ke website kita. Cara mendapatkan backlink ini misalnya tukar  link website kita ke website lain, tentunya dengan anchor text yang tepat. Kalau anchor text itu ya text yang bisa di klik itu. Misal sebuah link: http://linkpanjangsekali.com/panjang-sekali-link-website-ini-ya-ngaco-kali-ya-ini-link-apa-optimasi-seo-biar-nomor-satu-di-google.html. Kalau kita ingin membuat kata “SEO NGACO NOMOR SATU GOOGLE” untuk anchor text link tersebut, maka kita tulis kode HTML:

<a href="http://linkpanjangsekali.com/panjang-sekali-link-website-ini-ya-ngaco-kali-ya-ini-link-apa-optimasi-seo-biar-nomor-satu-di-google.html" title="SEO NGACO NOMOR SATU GOOGLE">SEO NGACO NOMOR SATU GOOGLE</a>

Nah, SEO NGACO NOMOR SATU GOOGLE yang paling belakang & warna biru itu yang disebut anchor text. :p

Sebenarnya inti dari SEO offpage adalah mendapatkan backlink sebanyak mungkin dan yang berkualitas. Maksudnya link dari website yang memiliki Page Rank tinggi, apalagi link tersebut bersifat one way backlink (link mengarah ke website kita namun kita tidak memasang link mereka). Tapi harus hati-hati, apabila website kamu masih baru, lebih baik sedikit backlink saja dulu. Soalnya bisa dianggap spam oleh Google. Nanti kalau blog/website kamu sudah berumur sebulan lebih, silakan menebar link yang banyak. 😉

Elemen Pendukung SEO On Page

Elemen pendukung SEO on page yang paling utama adalah nama domain. Misalnya kamu mau membuat jasa pembuatan website, agar bisa optimal maka domain yang harus dibeli adalah jasapembuatanwebsite.com. Wow, jasapembuatanwebsite.com sudah dibeli Gan! Gimana nih?? Maka yang harus dilakukan adalah memberi tanda minus (-) pada salah satu jeda. Misalnya jasa-pembuatanwebsite.com atau jasa-pembuatan-website.com. Ups, sudah dibeli juga? Ya sudah, beli saja yang dot org. Ssst, katanya om Lutvi Avandi (pemilik Cafe Bisnis), domain yang berkasta tinggi di Google itu .com dan .org (diluar .gov atau .edu lo ya!). Jadi kalau dot com sudah dibeli duluan sama orang lain, beli aja dot org. Ndak usah gaya, ini kan demi SEO, demi profit kamu. :p

Oke lah, aku kira sudah cukup panjang belajar SEO diwordpress.com kali ini. Untuk elemen SEO on page berikutnya, disambung besok saja ya? Ikuti terus perkembangan DiWordPress.com dengan berlangganan via Email di bawah ya? 😉 Untuk tips SEO selanjutnya akan dibahas tentang mengganti title tag pada WordPress, meta description, keyword, isi/konten, linking, dll.

Tentang wuuuuuhhhh

Berbagi Ilmu Dengan Ikhlas
Pos ini dipublikasikan di All About Wordpress. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s